Sabtu, 08 Januari 2011

I Love Cartoon..

Sabtu, 08 Jan '10
16.14

Dunia..

Ketika sangat sulit sekali menyajikan fakta dan visi ke dalam dunia nyata, pemilihan penggunaan media Kartun nampaknya menjadi sangat unik dan luar biasa berdampak bagi kita.. Iya, kan? Siapa di antara kita yang tidak pernah melihat kartun? Siapa di antara kita yang tidak pernah tertarik melihat, membaca, menonton segala hal yang berkaitan dengan kartun?

Di antara majalah, buku, film yang berkaitan dengan kartun.. manakah yang pernah kita nikmati dan akhirnya menjadi favorit bagi kita? Tentu generasi kita berbeda yah.. Jaman saya dulu dengan usia pembaca tulisan saya ini tentu berbeda.. Janganlah menjadi alasan dan akhirnya mengurangi kecintaan kita bersama terhadap kartun.. (hhmm?)

Apakah yang ini?
lucu dan bawelll

atau yang ini?

cerdas dan tangkas..

mungkin yang ini?
pemikir dan meyakinkan dengan analisanya..

ini?
hahahaha.. menembus segala waktu.. sungguh menghibur sekali..

***
ooohhhh... atau yang ini, mungkin?

Walaupun sudah film masa lampau.. dan sudah lama sekali masa tayangnya.. tapi menontonnya kembali.. sungguh mengingatkanku tentang makna perjuangan, persahabatan, tanggung jawab.. dan kasih..

Ingatkah adegan di mana ketika perkemahan manusia di serang oleh Diego dan gerombolannya? dan pada akhirnya sang ibu berhasil menyelamatkan anaknya dalam kejaran Diego? tapi apa yang terjadi? Mereka terjatuh ke dalam sungai deras di bawahnya?

Mukjizat selalu terjadi bagi setiap kita yang mengimaninya.. Ibu dan anak tersebut selamat.. Nah lihatlah adegan luar biasa.. ketika Manfred (Mammoth) dan Sid (Sloth) saling bertatapan dengan ibu tersebut? sungguh mengharukan.. ketika pada akhirnya Mammoth dan Sloth mau bertanggung jawab memelihara anak manusia tersebut..

Sungguh sangat humanis..

Masih ingatkah juga suasana yang terasa ketika Mammoth tersebut tampak terluka batin dan di bayangi trauma? ketika mereka memandang gambar-gambar tentang perburuan Mammoth oleh manusia? Saya rasa.. Mammoth tersebut terluka batinnya.. Itu pesan yang saya tangkap..

Oooohhh, tapi lihatlah.. bagaimana sungguh mengharukan.. ketika anak tersebut memeluk dinding yang berisi gambar Mammoth yang sedang tersudut itu.. dia mengelus-ngelus dengan penuh kasih sayang.. dan lihatlah juga kehangatan yang timbul ketika pada akhirnya sang Mammoth mengangkat anak tersebut dan kerianganpun muncul.. yah.. setelah anak itupun dengan tulus memeluk Mammoth yang selama ini menjaganya..



Tiada lagi dendam.. itu semua masa lalu.. Untuk apa? Tiada pembalasan.. Tiada gunanya..

Jujur.. adegan itu.. mengingatkan kita bahwa terkadang sebagai manusia.. luka lama dari kesalahan masa lampau.. atau yang ditimbulkan orang-orang.. terkadang kita pelihara dan menjadi bara dendam yang siap-siap menjadi api yang berkobar-kobar..

Indah bukan? I Love Cartoon.. coba betapa uniknya kartun.. Asal dipergunakan secara positif dan dapat dipertanggungjawabkan.. kartun dapat dipakai untuk mempermudah penyampaian pesan-pesan yang terkadang sulit disampaikan dalam adegan-adegan riil..

Seperti : migrasi hewan-hewan karena adanya musim dingin, es di mana-mana.. terus tentang alam.. kompetisi/persaingan.. dan betapa hewan-hewan tersebut diperlangkapi sedemikian rupa agar mereka dapat mempertahankan eksistensi spesiesnya di muka bumi ini..

Tidakkah itu indah?

I love Cartoon.. Banyak hal lagi yang bisa di dapatkan dan terekam jelas: teknologi animasi yang semakin maju.. kekayaan imajinasi tokoh-tokoh kartun yang spektakuler dan rancang gerak serta dimensi yang fantastik.. tapi tampaknya ribuan kata tak akan dapat memuat betapa berdampaknya kartun bagi manusia.. mendorong kita semakin menghargai animasi selain hal-hal yang non animasi lainnya..


What and How About You?

Saya,
penggemar kartun
17.25

2 komentar:

Unknown mengatakan...

saya suka banget doaremon bu.. :) tapi udah jarang nonton soalnya hari minggu bimbel :(

Hidupku Unik mengatakan...

wah.. sori.. sy baru baca komentarmu.. iya.. kan nanti bisa nonton lagi, hehehe.. emang doraemon enak deh.. banyak akal juga.. tapi baik..