Selasa, 26 Oktober 2010

Kangen Main Volley..

Selasa, 26 Okt '10
17.31




Tiba-tiba, aku kangen main volley..    Ingat masa SMP dulu.. Saat untuk pertama kalinya aku bermain volley.

Waktu itu aku sempat mengalami pertandingan antar kelas juga walaupun kalah dan aku sempat berkali-kali kena smash..

Jempol kiri ku sempat terkilir.. tapi sudah diurut sih.

Sejak itu aku agak menghindar main volley..

Tapi setiap melihat orang main volley..
Aku rindu masa-masa itu.. Aku sering menonton pertandingan volley yang disiarkan secara live di TV atau pertandingan langsung di lapangan. Aku suka.. Aku rindu..

Hmm.. Di usiaku yang beranjak senja ini, aku pun beberapa kali ikut bermain..Bersama kawan-kawanku. Walau aku tidak pandai bermain. Aku tidak segesit dulu.. Aku tidak segagah dulu.. Aku menyadari.. umurku semakin beranjak senja.. Kekuatan tulangku tentu sudah mulai berkurang dan tidak segagah dulu.  Aku tidak terlalu berani lagi bermain dengan kekuatan penuh seperti saat aku remaja dulu..

Aku suka melihat.. betapa tim volley akan berjuang sekuat tenaga untuk bisa menahan smash dari lawan atau mengembalikan serangan dengan memberikan kejutan smash balik.. Aku suka melihat perjuangan secara kolektif dalam tim. Bagaimana teman yang satu akan memberi semangat kepada teman lainnya  pada saat dia sedang mendapat bola..

Aku suka dengan strategi untuk mencapai kemenangan. Aku suka dengan peluh keringat yang bercucuran dari wajah dan seluruh tubuh pemain.. Terbuanglah sudah semua racun bersamaan dengan keringat yang mengucur.. Itulah indahnya olah raga..

Aku suka memandang rona memerah di sekujur wajah dan kulit tangan setiap pemain.. Membayangkan jantung dan peredaran darah yang bekerja keras seiring meningkatnya denyut permainan. Aku suka semua realita biologis yang tampak seiring perjuangan para pemain.

Aku suka menikmati semangat yang berkobar di setiap pertandingan. Untuk setiap sportifitas yang dijunjung tinggi dalam permainan. Aku tidak bangga dengan tim yang menang tapi curang. Aku bangga dengan tim yang sekalipun kalah tapi mereka sudah berjuang sekuat tenaga.

Aku, manusia yang melihat proses.. Walaupun aku juga manusia yang terkadang ingin melihat hasil. Aku tahu, di dunia ini tidak ada yang sempurna. Tidak ada satupun manusia yang mampu bermain dengan jujur secara sempurna. Tapi aku suka dengan perjuangan untuk menjadi sempurna..

Bukankah manusia berproses?

Olah raga adalah salah satu pembuktian. Aku tidak mengerti dengan orang yang suka olah raga dan suka berkompetisi dalam pertandingan tetapi dalam kehidupan nyata mereka tidak sportif. Aku tidak mengerti mengapa sportifitas dalam olah raga terkadang tidak terbawa sampai ke dalam kehidupan keseharian?

Aku juga tidak mengerti mengapa disiplin olah raga tidak terbawa dalam kenyataan keseharian? Bisakah mata uang hanya terdiri atas 1 sisi saja? Bukankah koin memiliki 2 sisi yang melekat 1 dengan yang lainnya?

lagi-lagi aku paham..

Bukankah manusia terus berproses?
Sama seperti aku juga terus berproses..
Belajar dan terus belajar..

Aku kangen main volley..

Bilakah?


Aku,
penikmat volley yang beranjak senja..
18.09

Tidak ada komentar: