Sabtu, 23 Oktober 2010

Nikmatnya Jamur dengan kuah dan wedang.. slurrrppp..

Sabtu, 23 Okt '10
12.31


Ehm.. ini oleh-oleh cerita lagi lho setelah study wisata ke Jogja.. Aku hanyalah berbagi cerita.. Tulisan ini tidak dikemas dalam bentuk tulisan ilmiah.. agar tidak terlalu memusingkan kita yang membacanya.. Jadi enjoy aja yah bacanya.. hehehe..

Kami mampir di sebuah rumah makan yang menyajikan menu berbagai macam masakan dan olahan dengan bahan dasar Jamur.. Dan aku juga sempat minum wedang dengan bahan dasar jamu.. Hmm.. nikmatnya..Sayang, cuma secangkir kecil.. tau-tau.. lagi asyik minum.. "Lho, ko udah habis?" heheheh..


Mudah-mudahan membuat kita yang membaca tulisan ini, tertarik untuk mencoba makan masakan jamur.. tentu jangan sembarang jamur nya mentah-mentah kita makan tanpa kita periksa dulu layak atau tidak layak di makan... hehehehe... Ntar malah kita makan jamur yang jamuran lagi... hehehehe..

Bisa berabe nanti lho..

Ehmm.. coba inget-inget deh.. waktu kita mendengar tentang jamur, apa yang terlintas di benak kita?

Bukan salah kita juga seeehhh kalau kita mempunyai pandangan bahwa jamur itu adalah salah satu sumber penyakit.. Habis, yang kita inget.. kalau tubuh kita ada panu.. itu disebabkan oleh jamur.. kalau makanan kita busuk, kita mengatakan bahwa penyebabnya adalah jamur, daging busuk = jamuran, roti busuk = jamuran dsb.. bla.bla.blaaa..

Tapi... stop... ga semua jamur berbahaya lhooo.. Mungkin ada dari beberapa di antara kita sudah pernah membuktikan khasiat jamur dalam hidup kita.. salah satunya jamur kuping.





















Menurut literatur yang didapat dari berbagai sumber terpecaya, ada banyak sekali manfaat jamur kuping ini, simak yah..

Kandungan nutrisi jamur kuping terdiri atas kadar air 89,1 dan protein 4,2 belum lagi lemak 8,3 dan karbohidrat total 82,8, juga  serat 19,8 serta nilai energi 351.  Jika jamur kuping dipanaskan, maka lendir yang dihasilkan memiliki khasiat seperti penangkar atau penonaktifan racun, baik dalam bentuk racun nabati, racun residu pestisida, bahkan sampai ke racun berbentuk logam berat. Jadi, jamur kuping dapat kita tambahkan dalam menu makanan kita untuk tujuan menonaktifkan racun.

Bentuk jamur kuping khas banget.. mirip seperti kuping (telinga).. makanya di sebut jamur kuping..keren juga..bentuk dan namanya.. kalau mau menghafal jadi lebih gampang..

Oh ya.. khasiat jamur kuping juga bisa menghambat penggumpalan darah lho.. Bayangkan kalo darah menggumpal di sepanjang pembuluh darah kita? Gimana nutrisi, oksigen dsb bisa berjalan sesuai perintah dari otak? Nah, jamur kuping ini dapat mengurangi resiko darah tinggi dsb..

Jadi, kita tahu kan betapa luar biasanya khasiat jamur kuping tersebut untuk memperlancar peredaran darah? Sehingga jantung kita tidak bekerja terlalu berlebihan dan berat?

Oya.. warna pink ternyata tidak saja ada pada warna berbagai macam pakaian, kaos, sepatu dsb lho.. Ada juga jamur yang berwarna pink.. Nah, bagi kita penggemar warna pink, lihatlah gambar jamur tiram ini. Warna pinknya sungguh menyegarkan mata. Apalagi kalo kita melihatnya secara langsung.. Hmmm, puas banget deh..


Jamur tiram juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kita..

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.

Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 % protein, 56,6% karbohidrat, 1,7-2,2%  lemak, 0.20 mg thiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin, dan 314.0 mg kalsium. Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh.

Serat jamur sangat baik untuk pencernaan. Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 % sehingga cocok untuk para pelaku diet. Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian, Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis.

Jika dihitung berat kering. Kandungan proteinnya 10,5-30,4%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%. Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. 72% lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.

Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium. Mineral utama tertinggi adalah : Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb.

Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.

Keren kan? Terimakasih untuk Google dan semua literatur yang menolong kami untuk lebih mengerti manfaat jamur.






Inilah oleh-oleh berupa foto (masih banyak lagi.. tapi cape uploadnya.. berat dan lama uploadnya) dan sekilas cerita yang bisa aku bagikan.. Kiranya bermanfaat..

Demikianlah ajaibnya proses kehidupan itu..
Jamur.. yang sering dianggap orang sebagai parasit..
Mahluk hidup yang sedemikian itu..
Ternyata menyimpan berjuta misteri..

Untunglah kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan,
terus berkembang..
Sehingga kita semakin kaya akan sumber alam..

Bagaimana kita tidak takluk dan hormat kepada DIA?
yang menciptakan sedemikian luar biasa?
ALLAH kita hebat dan memikirkan kita sampai jauh ke depan..

diciptakanNYA jamur yang bermanfaat untuk kita manusia..

untuk digunakan oleh manusia.. menyembuhkan sesama..

terimakasih jamur.. engkau tidak selamanya buruk di mataku..

aku,
tidak tahu harus berkata apalagi..
13.27 

(note: 2 foto tentang Jamur Ling-Zhi baru di upload senin, 25 Okt jam 18.00)

Tidak ada komentar: